Tahukah Kamu Kenapa Kapal Laut Tidak Tenggelam?

Jika ditanyakan kepada kamu kenapa kapal laut tidak tenggelam mungkin ada beberapa alternatif jawaban yang berbeda-beda. Salah satunya bisa saja akan menjawab bahwa hal ini disebabkan karena air laut mengandung banyak garam. Air garam memiliki kepekatan yang lebih rapat sehingga benda di atasnya cenderung lebih sulit untuk tenggelam.

Namun jawaban semacam ini mungkin berlaku untuk benda yang berat jenisnya ringan. Padahal, kapal umumnya memiliki bobot yang tinggi, sehingga alasan di atas kurang bisa diterima. Lantas bagaimana jawaban yang lebih tepat?

Sebuah benda yang jatuh ke dalam air, maka ada gaya berat ke bawah maupun gaya apung ke atas dari benda tersebut. Pada saat bersamaan juga terjadi perpindahan air dari tempatnya semula dengan volume yang sama dengan benda yang jatuh tersebut. Nah, besarnya gaya apung pada benda itu sama dengan gaya berat air yang dipindahkan.

Kenapa Kapal Laut Tidak Tenggelam

Bila gaya apungnya lebih besar, maka benda tersebut akan mengapung. Sedangkan jika lebih kecil, maka benda tersebut akan tenggelam. Dalam kaitan ini, kapal yang dibuat dari besi berongga akan menyebabkan jumlah air yang dipindahkan besar, begitupun dengan gaya apungnya. Hal inilah yang menyebabkan kapal laut bisa mengapung.

Jika kapal bocor, maka jumlah air yang berpindah ada yang kembali ke tempatnya semula. Hal ini akan menyebabkan besarnya berkurang dan gaya apungnya pun juga akan berkurang. Sehingga saat gaya apungnya lebih kecil dibadingkan gaya beratnya, maka kapal akan tenggelam.

Demikianlah penjelasan mengenai kenapa kapal laut tidak tenggelam yang semoga memberikan tambahan pengetahun umum untuk anda.

Comments

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *