Tahukah Anda Mengapa Laut Berwarna Biru?

Tahukah anda mengapa laut berwarna biru, kenapa bukan kecoklatan seperti air sungai? Mungkin diantara anda sudah mengetahui jawabannya, namun sebagian besar ternyata kurang memahami persoalan ini.

Memang di dasar laut ada banyak ganggang yang berwarna biru. Namun bukan hal itu yang menyebabkan laut berwarna biru. Asal anda tahu, sebenarnya laut tidak hanya berwarna biru saja namun juga ada yang berwarna hijau, kuning, ungu, putih, hitam, ataupun merah.

Laut Hitam karena banyak mengadung umpur berwarna hitam menyebabkan lautnya berwarna hitam. Sedangkan Laut Merah terlihat berwarna kemerahan dikarenakan banyak terdapat binatang kecil yang terapung didalamnya yang berwarna merah.

Mengapa Laut Berwarna Biru

Jika anda pernah ke Ambon, lihat saja Laut Ambon yang terlihat berwarna ungu. Hal ini terutama disebabkan banyak mikroorganisme di dalamnya yang mengeluarkan sinar fosfor berwarna ungu. Karena itulah Laut Ambon terlihat berwarna ungu.

Sedangkan di berbagai kawasan lainnya, lautnya terlihat berwarna hijau karena banyaknya plankton didalamnya. Begitu juga di kutub, permukaannya terlihat berwarna putih karena selalu tertutup dengan es. Hal-hal inilah yang menyebabkan laut terlihat berbeda-beda.

Baca juga tentangĀ fakta unik tentang ikan paus.

Kembali ke pertanyaan awal, kenapa sebagian besar lautan berwarna biru? Seperti sudah dipaparkan di atas, hal ini lebih disebabkan oleh akibat pantulan langit yang berwarna biru. Permukaan laut yang jernih akan memberikan pantulan dari warna langit. Karena itulah laut terlihat berwarna biru.

Demikian informasi tentang kenapa laut berwarna biru yang semoga memberikan tambahan pengetahuan umum untuk anda.

Post A Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *