5 Fakta Unik tentang Ikan Paus yang Belum Anda Tahu

Tahukah kamu bahwa setidaknya ada 5 fakta unik tentang ikan paus yang belum anda tahu. Benarkah ikan paus merupakan jenis makhluk yang penuh kontradiktif? Yaps, asal anda tahu, berbeda dengan kebanyakan ikan laut lainnya, ikan paus memiliki sejumlah fakta unik yang mungkin belum anda tahu.

Nah, untuk menambah wawasan dan pengetahuan umum anda tentang jenis ikan ini, berikut ini sejumlah fakta unik tentang ikan paus yang sebaiknya anda tahu.

1. Ikan Paus adalah Hewan Paling Besar di Dunia

Dibandingkan jenis makhluk di dalam laut lainnya, ikan paus memang merupakan yang terbesar. Meskipun demikian, ikan ini juga termasuk yang paling besar dibandingkan binatang lainnya di dunia ini. Dan jenis paus yang paling besar adalah Paur Biru (Balaenoptera Musculus). Panjang jenis paus in ibis amencapai 30 meter atau malah lebih. Sedangkan beratnya bisa mencapai 130.000 kg yang setara dengan berat 1.600 manusia atau 30 ekor gajah. Baca juga tentangĀ kenapa kapal laut tidak tenggelam.

2. Ikan Paus Bukanlah Jenis Ikan

Meskipun sering disebut ikan paus, namun dia sesungguhnya bukan jenis ikan seperti umumnya ikan lainnya. Paus lebih dikelompokkan sebagai binatang menyusui karena berbagai sifat yang ada padanya. Diantaranya dia tidak bernafas dengan insang layaknya ikan melainkan dengan paru-paru. Paus juga tidak hanya melahirkan anak namun juga menyusuinya layaknya binatang.

Fakta Unik tentang Ikan Paus

3. Ikan Paus Termasuk Binatang Purba

Dari hasil penelitian para ahli terhadap fosil-fosil ikan purba memperlihatkan fakta yang cukup mengejutkan. Fosil itu memperlihatkan bahwa ikan paus hadir di bumi sejak sekitar 7 juta tahun yang lalu. Yang lebih mengejutkan lagi, dari penelitian yang lebih dalam menemukan bahwa ikan besar ini telah hadir jauh lebih lama lagi, yaitu sejak 55 hingga 60 juta tahun yang lalu. Lihat juga tentangĀ apakah big bang itu.

4. Ikan Paus Ternyata Pemakan Plankton yang Amat Kecil

Tahukan kamu, ternyata ikan paus yang merupakan binatang paling besar di dunia ini makanannya adalah jenis makanan yang amat kecil, yaitu plankton. Bentuk plankton yang jauh lebih kecil dibandingkan semut amat disukai paus. Lantas bagaimana cara ikan paus makan? Ya dengan membuka mulutnya sehingga plankton yang hidupnya melayang-layang di dalam air akan masuk. Mulut paus juga berfungsi seperti saringan yang akan menyaring plankton yang tersangkut dan kemudian memakannya.

5. Lumba-Lumba Termasuk Jenis Ikan Paus?

Hingga saat ini terdapat tak kurang dari 80 jenis ikan paus yang hidup laut lepas. Dari jumlah itu diantaranya 11 spesies baleen whales dan 69 spesies toothed whales, termasuk didalamnya adalah ikan lumba-lumba. Jika umumnya jenis ikan paus hidup di air laut, jenis lumba-lumba yang Chinese River Dolphin justru hidup di air tawar.

Itulah informasi tentang jenis ikan yang mungkin belum banyak anda ketahui. Semoga pengetahuan umum tentang sejumlah fakta unik tentang ikan paus ini bermanfaat dan berguna untuk anda.

Post A Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *